Friday 11 May 2012

Musim-musim di Perth

Happy friday to meee!
Semalem setelah mengadakan rapat akbar bersama Cingcong dan Pingpong mengenai kelakuan the kucing garongs : Mr&Mrs Baile, gw pulang dengan hati adeeeeeeeeeeem, seadem tempratur Perth yang udah mo masuk winter. Udah tutup buku gw sama kelakukan the garong cats yang berlebihannya bikin orang abis kawin berantem hebat sampe nangis...

Mending sekarang kita sikit barcerito tentang musim-musim yang bersliweran di Aussie sini. Setelah tinggal di kota kicik macam Perth ini selama 3 tahun, kurleb saya udah mayan ngerti deh sama musim-musimnya. Saya sebutin nih ya:



Musim kawin.

Dimana makan hratis masuk ke ajenda kita terjadi di bulan-bulan September-November (Sep-Okt itu spring time-nya Aussie, biasanya cuaca bersahaaaabat sama manusia, engga dingin menggigit juga engga panas nyelekit).


Musim sakit.

Terjadi di setiap peralihan musim, dari dingin ke panas / panas ke adem / adem ke dingin / dingin ke anget dan juga anget ke panas. Killer banget serbuk sari (pollen) yang ada di Australia ini. Bikin meler dan idung gatel ga ketulungan! Jaman dulu waktu masih LDR sama suami, saya selalu ngomelin si dia kok setiap 3-4bulan sekali pastiiiiiiiiiii aja sickie. Ga masuk kerja dan tepar di rumah. Setelah pindah ke sini, saya baru ngerti kenapa . Di mulai dari lobang idung gatel, hacing-hacing ga brenti straight 10kali saking gatelnya itu idung, mampet (congested) kadang kalo parah bisa 2-2nya itu mampet! trus mata berair kaya lg sedih mau nangis melolo, pleeeees kuping kita kerasa plugged kaya... apa yah bahasanya? ikutan "mampet" juga!!!!! Omaigat. Gw nulis begini aja merinding man, inget2 ini penyakit (Hay fever). NYEKSAAAA. Tidur ga enak, makan...... Tetep lahap sih... Tapi beneran deh ini penyakit nyiksa lahir batin. Pollen tuh ada dimanah manah ya, di Indonesiapun ada tapi karena disini lokasi hejo-hejo - warna warni kembang lebih banyak di banding jalanannya, otomatis itu Pollen komunitasnya lebih banyak. Sekali itu pernah pas saya lg keluar lunch serbuk sari ngambreng terbang banyak banget keliatan di mata, buru2 saya tutup mata-idung-mulut. Ada tissue pake tissue tutupnya, kalo ga bawa apa2 saya langsung tarik kerah baju sampe ke idung, gaya kura-kura ninja undercover. HMPHHHHHH. *Tahan napas tutup mata*


Musim Panas.

Dimulai dari bulan November berakhir di February akhir (kadang kalo lagi menggila bisa berakhir di bulan Maret seperti summer 2010 lalu). Musim panas dsini sih ibarat kata lapisan neraka paling atas. FANAS AJE (kalo neraka pasti panas banget). Peak dari summer sini yang pernah saya alamiiiiin sendiri, 45⁰ Celcius. Saya inget mau masuk ke mobil, pegangan handle utk buka pintu mobil itu harus saya cover dengan baju / kain dulu kita pegang dengan bare hands serasa pegang panci masak indomi yang airnya mendidih gituuu! Biasanya bulan-bulan November-February semua orang pergi berlibur keluar dari Australia, heatstroke dan kebakaran-pun paling sering terjadi di bulan-bulan Summer ini. Setelah Musim panas lewat, kira-kira Maret-Mei berganti jadi peralihan Autumn - Winter. And that brings us to the next musim di bawah ini.


Musim Dingin.

Dimulai resmi bulan Juni dan berakhir di Agustus. Dinginnya Perth masih bearable sih, suhu udara di siang hari berkisar antara 10-15⁰ dan kalo malem down to 8-10⁰. Yang paling kasian kalo udah musim dingin dateng, ga lain da bukan, adalah cucian baju gw yang udah bisa di pastiin bakal demek basah2 gimana gitu. Mau pake dryer juga banyakan baju-baju delicate ga bisa masuk, daleman aja kita masukin bisa rosaak! Satu rumah jadi beralih tempat jemuran baju deh, di ujung sofa ada sampiran celana, bangku meja makan ada androk eke, bench dapur ada taopo2an.... Semua di jereng demi kering dan ga demek kena dinginnya udara musim dingin. Mirip barak pengungsian abis perang gitu lah suasana rumah gw kalo udah nyuci baju di winter. Siggghhh. Abis kelar dingin-dinginan, ujan-ujanan (winter dsini biasanya basahhhh, wet season istilahnya) bunga-bunga pada berkembang deh tuuu, spring time! Spring biasanya berkisar 2 bulanan dan muter lagi, abis spring... Musim Fanas! Beda sama Musim-musim di Amriky yang kalo winter saljuan, kita di Australi sini paling banter ujan es doank, esnya juga segede ee cicek... Hik. Kurang keren ya.... Ga bisa bikin snomen...


Musim Anggur.

Tapiii terlepas dari musim-musim killer ga asoy, buat gw yang hobbyyyyy banget makanin buah-buahan, Australia punya stok buah yang seger seger dan enak-enak banjeeet. Kaya anggur2 dsini nih, semuanya manis manis, kriuk2, garing banget sambil nonton kek, sambil kerja kek, ngemilin anggur paling asoy. Musim anggur itu biasanya di mulai di tengah2 musim panas, sekitar Januari-February gitu anggur pasti murah2 dan gw pastiii beli. Semangka juga! Dalemnya merah-merah, manis-manis gede gedeeeeeee banget. 
Semangka segede orok

Musim Strobery. 

Sayangnya gw ga ada foto-foto strawberry Australi. Gedenya naujubillahminzalik, kalah stroberi puncak bandung, stroberry sini udah wangi, garing, maniiiiiiiiis banget kalo kita makan pas musimnya. Kira-kira bulan September-Oktober peaknya musim stroberri, kadang bisa early di August udah keluar di supermarket2... 

Musim Persimmon / Fuju a.k.a kesemek. 

Bulan ini nih si buah centil lagi musim, tiap mau masuk winter pasti dia keluar. Kesemek di Indonesia itu, buah yang kulitnya ada putih2 kaya buah pake bedak gitu..... Di sini, Kesemek Australi buahnya cerahhhh ga ada bedaknya, warnanya pun orange. Garing dan maaaaaaniiiiiiiiiiiiiis banget! Keunggulan dari buah-buahan segar di sini memang di rasanya itu deh, bisa manis seger gitu.... Kriuk-kriuk kesemek disini persis kaya kriuk2 apel. Beda banget sama kesemek indo yang lenye2 gitu.... Masih banyak sih buah-buahan lainnya yang enak-enak juga, Kiwi-Jeruk-Pisang juga ada seasonnya tapi karena saya engga terlalu suka sama buah itu maap ya engga saya ceritain disini wahahaha. Terutama cerita si pisang. Masa 1 buah pisang di sini di jual $1!!!!!!!!!! 2biji loh ya, bukan 2 tandan.... Kaga ketelen itu pisang, gw jadiin dekorasi aja, mahal bener -_-"


Musim Big Sale.

INI DIAAAAAA yang paling asik. Hohohoho. Boxing day sale (26 Desember) sehari setelah natal dan End of Financal Year sale biasanya bisa gila-gilaan, bukan cuman setengah harga, tapi bisa up to 80% dari harga asli. Untungnya karena sale gede-gedean ini di adain tiap 6 bulan sekali, saya dan suami biasanya memata-matai dulu barang apa yang pengen kita beli, dan menghitung hari ke tanggal diskon ini. Yang paling untunggggg itu kita beli sofa buat ruang santei kita di rumah, dari harga AUD$2800 (kita mo beli pas summer), kita tunggu sampe end of financial year, harganya turun sampe down to $1200an. Gw baik-baikin Mas Harven Norman, gw ajak ngobrol ngalor ngidul..... Di free-in biaya deliverynya + garansi di tambah 2 taon. Fuhuhuhuhuhuu. Kaching, kaching!

Yaaaaaah begitulah kira-kira musim musim yang ada di otak saya saat ini... Kalo ada musim lainnya, saya tambahin lagi kalo inget. Hhahauhaua. Saya bersyukur banget sih bisa pindah dan tinggal di negara ini, keteraturan dan kenyamanan hidup bener2 jadi satu hal yang di junjung tinggi sama manusia-manusia disini. Terlepas dari pajaknya yang nyekek, I begin to love Perth with all of my heart. Apalagi Perth sekarang lagi buat proyek besar-besaran untuk menjadikan Perth tujuan wisata berikutnya selain Sydney dan Melbourne. Penataan kota di tambah, pembangunan ini itu udah di mulai, kira-kira 2014 Perth bakal punya tampilan baru. I heart Perth! Mariiii semua pembaca blog gw yang budiman, datang dan liburan ke Perthhh :D

2 comments:

  1. Musim ngelahirin ada gak ??? Kan pas winter mestinya getol bikinnya tuh... daripada nungguin jemuran, mendingan kan cuddling2 hahahah...

    Btw, gue sih kayaknya tipe yang bakalan betah kalo tinggal di Perth (except the summer and flies), secara gue pencinta ketenangan hahaha. Selain itu, di sana tuh kayaknya gue lebih bisa menyalurkan hobi memasak dibandingkan di Jakarta. Di sana bahan2 bagus, berkualitas, harganya lebih terjangkau.

    ReplyDelete
  2. di Singapore , musim sakit flu.. hhhhh....

    ReplyDelete